Barhim Dukung Tumbuh Kembang Pelaku UMKM Milenial di Sultra

Kendari – Marsekal Muda TNI (Purn) La Ode Barhim yang saat ini menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina DPD Gerindra Sultra, menghadiri “Sharing Bussines” bersama komunitas kreatif pelaku bisnis dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebagai keynote speaker di Rupa Coffe pada Kamis 16 November 2023.

La Ode Barhim yang juga Ketua Dewan Penasehat Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Sultra saat bertemu dengan pelaku UMKM Millenial di Sultra menyampaikan pengalaman-pengalamannya bagaimana memulai bisnis kecil-kecilan ditengah kesibukannya semasa masih aktif di militer.

“Kita tidak boleh merasa kecil dengan kekecilan kita dan kita harus pintar-pintar, pintar-pintar melihat situasi, pintar -pintar berteman dan pintar-pintar mengambil keputusan. Tiga hal ini yang paling utama dimiliki pelaku bisnis pemula,” kata Barhim yang memiliki slogan Sultra Mengudara.

Barhim juga menceritakan bagaimana pengalaman waktu menjadi Pilot pesawat tempur yang sangat mempengaruhi jiwa bisnisnya.

“Waktu menjadi pilot pesawat tempur, semua keputusan di udara adalah tergantung dari diri saya, jadi hal ini saya bawa di dunia bisnis, bahwa semua keputusan bisnis saya tergantung pada diri sy sendiri” Uangkapnya.

Menurut Barhim, tiga penentu penting dalam meraih kesuksesan adalah doa, daya dan dana.

” Ada tiga faktor yang menjadi penentu agar usaha kita sukses yaitu 3D Doa, Daya, Dana ” Sambungnya.

Barhim juga menceritakan bagaimana dirinya ketika menjadi komandan pangkalan udara, banyak membantu mahasiswa sebagai pelaku bisnis pemula dengan menjaminkan nama dan jabatannya agar mereka mendapatkan bantuan usaha.

“Ketika menjadi pemimpin, saya selalu mengamalkan Trias Politika, yaitu menjadi teladan, memberikan semangat, dan memberikan dorongan. Itu saya lakukan bukan hanya dalam militer, tetapi dalam masyarakat” tuturnya.

“Pemerintah mesti mendukung pelaku UMKM, UMKM selain dapat menghidupkan pelaku usaha itu sendiri, UMKM juga mampu menciptakan lapangan kerja baru,” jelasnya.

Untuk itu pihaknya memaparkan bahwa saat ini dirinya belum bisa mengamalkan Trias Politika, karena belum ada di dalam sistem untuk memberikan dorongan kepada pelaku UMKM khususnya pebisnis pemula. Namun apabila Barhim berhasil masuk dalam sistem, maka ia yang akan menjadi Bapak Angkat pelaku UMKM.

“Seperti slogan kita Sultra Mengudara, pelaku UMKM di Sultra mesti mengudara. Kita memiliki SDM dan SDA yang mumpuni, tinggal bagaimana kita mengkonsolidasikan dan mengomunikasikan hal-hal tersebut agar lebih maksimal lagi hasilnya,” tutupnya.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *