KUPP Molawe Naik Tipe, Bukti Komitmen dalam Pemberian Pelayanan Terbaik

Konawe Utara – Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Molawe telah mencapai sebuah prestasi gemilang dengan naiknya statusnya menjadi kelas 1. Perubahan ini berdasarkan pada peningkatan jumlah penerimaan negara bukan pajak (PNBP) yang berhasil diraih oleh KUPP Molawe, Kamis 8 Juni 2023.

Capt. Sorindra, SH. M.Mar, Pelaksana Harian (PLH) Kantor UPP kelas 1 Molawe mengatakan naiknya status dari kelas III menjadi kelas 1 ini adalah hasil dari upaya meningkatkan frekuensi pengapalan yang dilakukan oleh pelabuhan. Berbagai faktor seperti muatan, berlalu lintas, jasa kepelabuhanan, jasa perkapalan, jasa navigasi, jasa konsesi, dan jasa usaha lainnya menjadi penentu dalam peningkatan PNBP yang signifikan.

“Sebagai respons terhadap perubahan status ini, KUPP Molawe telah melakukan perubahan administrasi dan memperkuat kesiapan dalam memberikan pelayanan yang lebih baik kepada para pengguna jasa. Upaya ini termasuk optimalisasi sumber daya manusia yang sudah ada guna meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan,” jelasnya.

“Dalam rangka mempermudah tugas para petugas di pelabuhan, KUPP Molawe juga memanfaatkan aplikasi bernama “inafornet”. Aplikasi ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi kerja petugas dalam menjalankan tugas sehari-hari. Selain itu, KUPP Molawe juga bekerja sama dengan pihak terkait dan pengguna jasa untuk memastikan pelayanan pelayaran tetap optimal,” ungkapnya.

Ia juga menuturkan naiknya status KUPP Molawe menjadi kelas 1 merupakan sebuah prestasi yang membanggakan bagi wilayah kerja Lameruru, Morombo, dan Morosi. Perubahan ini tidak hanya mencerminkan keberhasilan pengelolaan pelabuhan, tetapi juga menjadi bukti kemajuan sektor perhubungan di Sulawesi Tenggara.

“Dengan meningkatnya status KUPP Molawe, diharapkan akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi daerah dan memberikan keuntungan bagi masyarakat serta para pihak yang terlibat dalam industri perkapalan dan perdagangan di wilayah tersebut,” tuturnya.

Capt. Sorindra mengungkapkan, KUPP Molawe siap melayani dengan standar kelas 1 yang lebih tinggi, dan para pengguna jasa diharapkan akan merasakan manfaat dari peningkatan pelayanan yang diberikan. Ia juga mengajak pemerintah dan masyarakat untuk tetap mendukung keberlanjutan dan kesuksesan pelabuhan Molawe sebagai salah satu gerbang penting bagi perdagangan dan perekonomian wilayah Sulawesi Tenggara.

“Dengan status kelas 1 yang baru diperolehnya, KUPP Molawe telah menegaskan komitmennya untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi kemajuan dan perkembangan sektor perhubungan di Sulawesi Tenggara,” pungkasnya.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *