Seratusan Rumah Warga Terendam Banjir, Kades Iwoimendaa Kolaka Harap Pemerintah Kabupaten dan Provinsi Turun Tangan

Sultraraya.com, Kolaka – Sebelumnya ratusan rumah warga terendam banjir di Desa Iwoimendaa Kecamatan Iwoimendaa Kabupaten Kolaka pada Sabtu 17 Desember 2022.

Banjir tersebut selain mengakibatkan ratusan rumah warga terendam banjir, warga juga kehilangan puluhan hewan ternak, kapal yang terseret arus banjir, dan beberapa lainnya.

“Kerugian total warga sekitar Satu Miliar, terdiri dari hewan ternak, kapal yang terseret arus, padi yang sudah dipanen tapi terendam banjir, dan masih banyak lainnya,” kata Kepala Desa Iwoimendaa Munawar Halil.

Ia juga mengungkapkan total rumah warga yang terendam sebanyak seratusan rumah warga terendam.

“Kisaran 100 Rumah Warga yang terdiri dari Dusun I, III dan V yang terendam kemarin, kejadian serupa juga pernah terjadi pada tahun 2010,” ungkapnya.

Pihaknya juga berharap agar Pemerintah Kabupaten dan Provinsi dapat memberikan bantuan terhadap warganya.

“Kami warga Desa Iwoimendaa sangat berharap bantuan dari pemerintah Kabupaten dan Provinsi, sejauh ini yang baru turun dari BPBD Kabupaten saat membantu evakuasi warga,” pungkasnya.

Selain itu warga setempat Mustamal juga mengatakan hal serupa terkait peristiwa tersebut.

“Kerugian yang kami rasakan sangat luar biasa, tiba-tiba air meluap air dari atas yang disertai lumpur, dan akibatnya banyak barang elektronik warga yang terendam banjir,” katanya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *